Memahami Capaian Pembelajaran: Langkah Pertama dalam Merencanakan Pembelajaran yang Efektif

Pada modul Kurikulum Merdeka, kita telah belajar tentang capaian pembelajaran, yaitu kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik dalam satu fase. Capaian pembelajaran ini sangat penting karena merupakan landasan dalam pengembangan kurikulum pendidikan. Namun, untuk memandu kegiatan pembelajaran sehari-hari, kita perlu menguraikan capaian pembelajaran ini menjadi tujuan pembelajaran yang lebih operasional dan konkrit.

Proses berpikir dalam merencanakan pembelajaran dapat digambarkan menjadi empat tahap penting. Tahap pertama adalah "Memahami Capaian Pembelajaran (CP)."

Capaian pembelajaran adalah kompetensi yang harus dicapai dalam satu fase pendidikan. Fase bisa berlangsung dari satu hingga tiga tahun, dan fase tidak sama dengan kelas. Sebagai contoh, capaian pembelajaran pada fase tertentu berlaku untuk kelompok peserta didik yang berada pada kelas 7 hingga 9.

Memahami Capaian Pembelajaran

Dalam proses merencanakan pembelajaran, pendidik perlu berkolaborasi dan berkomunikasi dengan rekan pendidik yang mengajar pada fase yang sama. Hal ini memungkinkan pendidik untuk menentukan rencana dan batasan kompetensi di setiap jenjang pendidikan. Dengan begitu, kompetensi pembelajaran yang akan dicapai peserta didik dapat dipelajari secara berkesinambungan.

Memahami Capaian Pembelajaran

Tahap pertama dalam memahami capaian pembelajaran terdiri dari empat langkah penting:

1. Memahami Rasional (Alasan Penting)

Rasional menjelaskan alasan pentingnya mempelajari mata pelajaran tertentu dan kaitannya dengan profil pelajar Pancasila. Rasional membantu memahami mengapa mata pelajaran tersebut harus diajarkan. Pertanyaan pemantik seperti "Mengapa kita harus belajar ini?" membantu dalam memahami bagian ini.

2. Memahami Tujuan Mata Pelajaran

Tujuan menjelaskan kemampuan atau kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik setelah mempelajari mata pelajaran secara keseluruhan. Pertanyaan pemantik seperti "Apa yang harus dicapai peserta didik setelah mempelajari mata pelajaran ini?" membantu dalam memahami bagian ini.

3. Memahami Karakteristik Mata Pelajaran

Karakteristik menjelaskan apa yang dipelajari dalam mata pelajaran tertentu dan elemen-elemen yang membentuk mata pelajaran tersebut. Pertanyaan pemantik seperti "Apa yang termasuk dalam mata pelajaran ini?" membantu dalam memahami bagian ini.

4. Memahami Capaian Profase

Bagian ini berisi kompetensi yang harus dicapai dalam satu fase pendidikan. Pertanyaan pemantik seperti "Apa yang harus dicapai peserta didik dalam fase ini?" membantu dalam memahami bagian ini.

Penting untuk memahami capaian pembelajaran karena ini merupakan langkah pertama yang sangat penting dalam merencanakan pembelajaran yang efektif. Dengan memahami CP, pendidik akan lebih siap untuk melanjutkan ke langkah-langkah selanjutnya, seperti menetapkan tujuan pembelajaran, menyusun alur tujuan pembelajaran, dan merancang pembelajaran yang efektif.

Selain itu, bergabung dengan komunitas belajar di satuan pendidikan kamu atau mempelajari contoh-contoh CP dari mata pelajaran lain juga dapat membantu dalam memahami bagian ini. Pemahaman yang kuat tentang CP adalah kunci keberhasilan dalam merencanakan pembelajaran yang sesuai.

Semoga artikel ini memberikan wawasan tentang pentingnya memahami capaian pembelajaran dalam merencanakan pembelajaran yang efektif. Dengan pemahaman yang kuat, pendidik dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi peserta didik mereka.

Next Post Previous Post